Senin, 09 September 2013

Durian Montong Banyumas


Durian Montong Banyumas menggantikan Durian Montong Thailand

Metrotvnews.com, Jakarta: Larangan impor buah yang sudah diberlakukan sejak Januari 2013, berakibat pada hilangnya salah satu jenis durian yang menjadi idola masyarakat, yaitu Durian Monthong Thailand.

Durian yang memiliki daging berwarna kuning agak pucat dengan rasa manis ini berganti dengan durian lain yang warna buahnya oranye.

"Iya mba, sudah dilarang impor Monthong Thailand, tetapi kita punya Monthong Lokal asal Banyumas," ujar kepala toko Rumah Durian Harum Alan di Jakarta, Jumat(8/2).

Selain Monthong Thailand, lanjut Alan, toko juga mendatangkan jenis lain yang berasal dari Thailand seperti Kan Yao.

Ada pelanggan yang mencari-cari durian jenis Monthong, namun dengan sigap Alan menginformasikan durian jenis itu sudah tidak masuk ke Indonesia.

"Durian Medan juga banyak penggemarnya, lebih enak daripada Monthong Thailand. Kami juga impor dari Malaysia namanya Musang King," ujar Alan sambil menunjukan durian asal Malaysia yang sudah dikemas dalam kotak.

Soal impor dari Malaysia itu, Alan mengatakan larangan impor hanya berlaku untuk buah-buahan asal Thailand. Hingga saat ini, pihaknya masih memiliki pasokan buah durian dari Malaysia.

Ia juga menegaskan larangan impor tidak mempersulit penjualan, justru malah memajukan produk lokal.

"Yang pasti rumah durian terus mengusahakan agar buah terus ada. Harga monthong Thailand dan monthong lokal Rp45 ribu per kg, sementara durian Medan Rp32,5 ribu per kg," pungkasnya. (Siti Retno Wulandari/Ray) 

Sentra Pembibitan durian Montong ada disini 

~ 0 komentar: ~

~ Posting Komentar ~

Diberdayakan oleh Blogger.

+

Blogger templates

Popular Posts

Followerd

Blogger news

Search Me

Blogger templates

Blogroll

About