Jumat, 30 Agustus 2013

Saatnya Durian Indonesia Menguasai Dunia




Indonesia mempunyai varietas durian unggul yang banyak. Wilayah yang terbentang dari ujung barat sampai ujung timur mempunyai potensi untuk menjadikan Indonesia merajai durian dunia.

Durian asli Indonesia memiliki rasa yang enak, tekstur daging buah yang tebal dan lembut, serta penampakan buah yang juga  menarik. Tidak seperti durian import, durian Indonesia memiliki ciri khas tersendiri. Tetapi mengapa dengan berbagai keunggulan yang dimiliki durian Indonesia tidak punya nama di pasaran internasional ?
Sungguh tragis. Indonesia yang kaya akan varietas unggul masih belum dapat “memegang kendali” pasar durian internasional. Lebih memprihatinkan lagi, import durian ke dalam negeri kian berlanjut dalam jumlah yang cukup besar setiap musimnya. Kendali perdagangan buah durian dalam negeri maupun dunia tetap dipegang oleh durian Montong dari Thailand. Padahal Thailand sendiri hanya mempunyai 4 varietas saja. Apa saja yang menyebabkan Indonesia tidak mampu menguasai pasar durian internasional? Mungkinkah durian Indonesia menjadi “Raja Durian” di dunia ?

Sangat mungkin Indonesia menguasai pasar durian internasional. Memang bukan hal yang gampang untuk menjadikan suatu komoditas memiliki daya saing yang kuat di pasar internasional, termasuk durian Indonesia. Setidaknya ada beberapa aspek yang menyebabkan lemahnya daya saing durian Indonesia di pasar Internasional.

Sentra Pembibitan Durian Montong ada DISINI

~ 0 komentar: ~

~ Posting Komentar ~

Diberdayakan oleh Blogger.

+

Blogger templates

Popular Posts

Followerd

Blogger news

Search Me

Blogger templates

Blogroll

About